Perangkat Lunak (Software)

Software atau perangkat lunak adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi (penghubung) antara pengguna (user ) dan perangkat keras (hardware). Software bisa juga dikatakan sebagai “penerjemah” perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan atau diproses oleh perangkat keras (Hardware).

Software pada umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat keras (yang sering disebut device driver), melakukan proses perhitungan, berinteraksi dengan Software yang lain dan lebih mendasar (seperti sistem operasi, dan bahasa pemrograman), dan lain-lain.

SEJARAH SOFTWARE KOMPUTER

Pada awalnya perangkat lunak, menggunakan aljabar Boolean, yang di representasikan sebagai binary digit (bit), yaitu 1 (benar / on) atau 0 (salah / off), cara ini sudah pasti sangat menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (2 byte), double word (32 bit).

Kelompok-kelompok bit ini disusun ke dalam struktur instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika, dan bentuk bit ini diubah menjadi kode-kode yang dikenal sebagai assembler.

Kemudian lahir bahasa pemrograman tingkat tinggi yang seperti bahasa manusia (bahasa Inggris). Bahasa pemograman tingkat tinggi ini memiliki beberapa jenis yaitu, bahasa C, bahasa C++, dan Pascal.

1. Bahasa C

Bahasa C adalah sebuah bahasa yang sifatnya kompleks dan membangun logika atau algoritma. Software Development Kit untuk Windows juga dirancang / tulis dalam bahasa C. Bahasa C berifat portable, yaitu dengan sedikit atau tanpa perubahan, suatu program yang dirancang / tulis dengan bahasa C dapat dijalankan pada komputer lain.

2. Bahasa C++ (C plus plus)

C++ memiliki sifat Pemrograman berorientasi objek karena, untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik, Class tersebut berisi keadaan object, anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya, Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class.

3. Pascal

Pemrograman Pascal adalah bahasa tingkat tinggi (High Level Languange) yaitu bahasa pemrograman yang mudah dipahami oleh bahasa manusia. Pascal merupakan bahasa yang terstruktur tersusun atas sejumlah blok.Blok-blok yang kecil selanjutnya dapat dapat dipakai untuk membuat blok yang lebih besar. Blok ini lebih dikenal dengan sebutan subprogram, yang dibedakan atas prosedur dan fungsi.

Proses pembuatan perangkat lunak (Software)

⬡Era Pioneer

Sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer , mengakses komputer menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Hasil yang selesai dikerjakan komputer berupa print out dan Proses yang dilakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang secara berurutan diproses

⬡Era Stabil

Baris-baris perintah perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang dilakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang diproses).

⬡Era Mikro

Perangkat lunak dapat dibedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.

Era Modern 

Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.

JENIS-JENIS SOFTWARE

Hasil gambar untuk software
page=allhttps://www.kompasiana.com/raffiansyahjc/5656f7790e93735212db92ff/mengapa-sebuah-software-penjualan-penting-bagi-perusahaan?page=all

1.Software Aplikasi

Hasil gambar untuk Software Aplikasi adalah
https://anypointkomputer.blogspot.com/2017/01/jenis-jenis-software-aplikasi.html

software aplikasi, yaitu suatu pedrangkat lunak berupa program komputer yang berfungsi untuk melakukan tugas-tugas khusus, seperti membuat dokumen contoh aplikasinya mickroskop word, mengedit foto  contohnya potoshop , membuat laporan keuangan, atau aplikasi hibyran seperti game.

2.Sistem Operasi (Operating System)

Sistem Operasi adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras(Hardware) dan perangkat lunak(Software), serta sebagai jurik (daemon) untuk program komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.

3.Software Development Tools

Software Development adalah salah satu tipe proyek IT yang berfokus pada penciptaan atau pengembangan perangkat lunak. Software Development dapat didetailkan lagi menjadi proses: 1) penciptaan software untuk memenuhi kebutuhan manusia, 2) desain software, 3) pengembangan software aplikasi perusahaan, atau 4) pengembangan platform (Wales, 2012).

4.Device Driver

Device driver adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa inggris yang mengacu kepada komponen perangkat lunak yang mengijinkan komputer untuk bertkomunikasi dengan perangkat keras, device driver pada umumnya akan dimuat kedalam ruangan kernel (kernel space) sistem operasi selama proses booting di lakukan atau sesuai permintaan.

5.Firmware

Firmware adalah perangkat lunak terprogram yang ditempatkan di perangkat keras perangkat untuk mengontrol perangkat dan fungsi intinya. Misal, Firmware pada ponsel OPPO memungkinkan perangkat keras untuk berkomunikasi dengan benar dengan sistem operasi Android dan melakukan permintaan pengguna. Firmware tertanam dalam perangkat karena penting bagi perangkat untuk menjalankan dan menghapusnya dapat menyebabkan kerusakan serius pada perangkat.

6.Open Source

Open source adalah suatu istilah yang digunakan untuk software (perangkat lunak) yang membuka atau membebaskan source codenya dapat dilihat oleh pengunanya, dan membiarkan penggunanya dapat melihat bagaimana cara kerja dari software tersebut serta penggunanya juga dapat memperbaiki atau mengembangkan software tersebut menjadi lebih baik lagi.

7.Freeware

Hasil gambar untuk Freeware  software adalah
http://jetashishyadav.blogspot.com/2018/01/licensed-vs-freeware-application.html

Freeware adalah suatu software atau aplikasi yang dapat digunakan oleh semua orang atau pengguna tanpa membayar. Meskipun gratis, pada dasarnya pembuatnya memiliki kebijakan tertentu yang umumnya disertakan ketika anda mendownload freeware tersebut.

8.Shareware

Shareware adalah software atauaplikasi yang dapat di-download dan digunakan secara gratis. Namun penggunaannya atau pemakai memiliki batas waktu tertentu dalam penggunaanya.

Contoh: Winrar, idm, microsoft office, coral draw, style xp, nero, real player mtuner, splitter movie, winzip, mirc.

9.Malware

Malware (Malicious Software) adalah suatu program yang dirancang dengan tujuan untuk merusak dengan menyusup ke sistem komputer. Malware dapat menginfeksi banyak komputer dengan masuk melalui email, download internet, atau program yang terinfeksi.

Malware bisa menyebabkan kerusakan pada sistem komputer dan memungkinkan juga terjadi pencurian data / informasi. Hal yang pada umumnya terjadi penyebab malware adalah mendownload software dari tempat ilegal yang disisipan malware. Malware mencakup virus, worm, trojan horse, sebagian besar rootkit, spyware, adware yang tidak jujur, serta software-software lain yang berbahaya dan tidak diinginkan oleh pengguna PC.

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started