Single User, Multi User, dan Profesi dalam Information Technology

Hasil gambar untuk Single User, Multi User, dan Profesi dalam Information Technology

Single User

Sebuah sistem operasi yang hanya menyediakan akses ke sistem komputer ke satu pengguna sekaligus. Apabila ada pengguna lain yang akan mengakses sistem komputer, maka yang sudah menggunakan komputer harus sudah selesai menggunakan komputer.

Meski melalui jaringan, sistem operasi single user dapat terkoneksi ke komputer dan sistem lainnya, walaupun hanya dapat digunakan oleh pengguna tunggal. Selama komputer hanya mempunyai satu monitor, keyboard dan perangkat input lain, maka masih disebut sistem operasi single user. Data komputer bisa diakses komputer lain, tetapi apabila pengguna dari komputer lain juga bisa menjalankan aplikasi pada komputer yang mereka lihat pada monitor, pada akhirnya masih disebut sebagai sistem operasi single user.

Pada saat duduk didepan sistem komputer dan sedang mengerjakan sesuatu, dalam contoh tersebut hanya terdapat satu monitor dan satu keyboard yang berinteraksi denganmu. Pada dasarnya sistem operasi Windwos 98, Windows ME, Windows XP, Windows Vista, Windows 7 adalah sistem operasi single user.

  • Jenis Sistem Operasi Single User
  • Sistem Operasi Single user single tasking adalah satu komputer hanya dapat digunakan oleh satu user dan hanya dapat menjalankan satu program pada satu waktu.
  • Sistem Operasi Single user multi tasking adalah satu komputer digunakan oleh satu user dan dapat menjalankan banyak program pada satu waktu
  • Contoh Sistem Operasi Single User
  • Contoh sistem operasi single user-single tasking adalah DOS (Disk Operating System).
  • Contoh sistem operasi single user-multi tasking adalah Windows,  MacOS, BeOS, JDS dan lain-lain.

Multi User

            Multi User adalah Sebuah sistem dimana dua atau lebih user dapat bekerja sama menggunakan perangkat yang sama (komputer atau peripheral) untuk saling berbagi pakai penggunaan aplikasi dan sumber daya yang ada pada komputer seperti printer, harddisk dan perangkat lain pada waktu yang bersamaan. Biasanya agar multi tasking dapat berjalan secara optimal maka perlu juga dibangun jaringan komputer untuk mendukung dari multi tasking ini.

Contoh penerapan multiuser pada komputer:

  1. Dari beberapa user user yang ada pada jaringan komputer akan melakukan pekerjaan printing secara bersama-sama menggunakan printer yang sama. 
  2. Penggunaan aplikasi untuk ujian online yang dijalankan oleh satu komputer dan diakses oleh banyak komputer user.

Multi Tasking pada Komputer

Multi Taskingadalah Sebuah sistem pada sistem operasi yang memungkinkan untuk dapat menjalankan lebih dari satu aplikasi user. Sistem ini hampir semua bisa berjalan pada semua jenis sistem operasi saat ini seperti Linux dan Windows. Dengan adanya sistem multi tasking ini user dapat melakukan 2 pekerjaan dalam satu waktu sehingga lebih cepat dan lebih efisien dalam pengelolaan waktu.

  • Contoh penerapan multi tasking pada komputer:

 1. Melakukan pekerjaan mengetik sambil melakukan printing terhadap berkas.

 2. Melakukan pekerjaan perhitungan di microsoft excel sambil mendengarkan musik.

  • Sistem Multi-User adalah suatu sistem dimana lebih dari satu user menggunakan secara bersama satu atau lebih perangkat keras, piranti lunak dan data/ informasi , orang dan prosedur melalui masing-masing komputer atau workstation.
  • Tujuan Sistem Multi-User :

1. Meningkatkan produktivitas dan efektivitas SDM

2. Meningkatkan produktivitas dan efektivitas organisasi

3. Meningkatkan Layanan kepada mereka yang tergantung pada sistem Multi-User.

Profesi di bidang IT (Information Technology)

Software ( Perangkat Lunak )

  •   Sistem  Analis

Sistem analis adalah penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh kedalam bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan kesempatan hambatan yang terjadi sehingga bisa mengusulkan perbaikan. Tugas seorang sistem analis yaitu untuk menganalisis sistem dengan mempelajari masalah – masalah yang timbul.

  • Web Design

Web design adalah jenis design grafis yang di tujukan untuk pengembangan dan styling obyek lingkungan informasi internet untuk menyediakan dengan fitur konsumen high-end dan kualitas estetika. Tugas dari seorang web design adalah mengatur ata mengolah tampilan pada web.

  • Programmer
                Programmer adalah orang yang menulis kode / koder baik yang menguasai satu atau beberapa bidang program dan melakukan pekerjaan nya dalam mengembangkan suatu website atau aplikasi internet berbasis web.

Hardware

  • Teknisi (Technical Enginering)

Teknisi adalah orang yang memperbaiki dan memelihara komputer dan server. Atau orang yang berkecimpung dalam bidang teknisi. Tugas dari seorang teknisi adalah mengembangkan dan juga membangun atau mengkonfigurasi hardware baru, menginstal dan memperbarui paket perangkat lunak juga menciptakan dan memelihara jaringan komputer.

  • Networking ( Networking Enginering )

Networking adalah sebuah kumpulan komputer atau perangkat keras yang terhubung bersama – sama, baik secara fisik maupun logis menggunakan hardware dan software khusus yang memungkinkan bertukar informasi. Tugas dari seorang networking adalah mengatur jaringan, baik jaringan skala kecil hingga skala besar yang nantinya akan di gunakan untuk pertukaran data komputer pada sebuah perusahaan.

Software Developer

Tugas Software Developer yaitu melakukan riset, mendesain, megimplementasikan hingga menguji software dan sistem. Hampir semua perusahaan saat ini menggunakan sistem perangkat lunak. Hal inilah yang membuat seorang software developer bisa bekerja di berbagai industri seperti industri pariwisata, hiburan, kesehatan, media, atau ritel.
     Tantangan yang harus dihadapi oleh seorang software developer adalah deadline pekerjaan yang sangat banyak. Rata-rata gaji global yang diterima oleh software developer adalah sekitar 92.660 Dollar per tahun.

Database Administrator

Hasil gambar untuk Database Administrator
http://techgenix.com/database-administrator/

Database administrator bertugas untuk mendesain, memelihara, dan memperbaiki database organisasi. Mereka juga bertugas untuk membuat susunan tertentu supaya pengguna data mudah untuk mengakses. Tidak semua pekerja IT harus berhadapan dengan komputer. Seorang database administrator akan lebih banyak kesempatan untuk bekerja dengan banyak orang dan banyak proyek. Tantangan yang dihadapi seorang database administrator adalah harus menjaga supaya database tidak rusak. Gaji global yang diterima oleh orang yang bekerja sebagai database administrator sebesar 77.080 Dollar per tahun.

Hardware Engineer

Tugasnya adalah mengkonfigurasikan hardware komputer dan mendesain tata letak perangkat komputer untuk meningkatkan efisiensi. Keuntungan yang didapat dengan menjalani profesi ini adalah memiliki kesempatan untuk bekerja dengan teknologi-teknologi terbaru. Pekerjaan ini termasuk pekerjaan yang monoton, bisa jadi para hardware engineer akan merasa bosan dengan rutinitasnya. Tapi akan cocok bagi Anda yang justru senang dengan rutinitas yang pasti. Gaji global yang diterima seorang hardware engineer adalah 100.920 Dollar per tahun.

System Analyst

system analist akan mendefinisikan kebutuhan user dan menyusun solusi untuk meningkatkan efisiensi dan produktifitas. Tidak seperti hardware engineer, seorang system analyst memiliki alur pekerjaan yang fleksibel. Tidak hanya mengerjakan rutinitas, mereka juga harus bertemu dengan banyak orang yang terlibat dengan proyek. Seorang system analyst akan memeriksa sistem atau model bisnis yang sudah ada, kemudian menganalisis keperluan sistem tersebut. mereka akan mengembangkan produk, mengimplementasikan, serta menguji solusinya dalam sistem. Gaji global yang diperoleh seorang system analyst adalah 79.680 Dollar per tahun.

Network Architect

Wetwork architect mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan jaringan, seperti mendesain, membangun dan menguji jaringan komunikasi. Seorang network architect sangat dibutuhkan banyak tempat, karena saat ini banyak institusi yang menambahkan fasilitas seperti wifi di kantor. Menjadi seorang network architect membutuhkan perjalanan yang panjang karena pada umumnya perusahaan akan mencari kandidat yang sudah memiliki sertifikat. Gaji global yang diterima sebesar 91.000 Dollar per tahun.

Web Developer

Web developer merupakan pekerjaan yg harus mempelajari bahasa pemrograman. Selain itu mereka sebagai harus bisa membuat aplikasi pada web. seorang web developer memiliki waktu kerja yang fleksibel. Pekerjaan yang mereka lakukan seakan tidak ada habisnya, maka wajar saja jika perusahaan memberikan waktu fleksibel bagi mereka untuk menyelesaikan deadline. Gaji global yang diterima seorang web developer sebesar 62.500 Dollar per tahun

Information Security Analyst

Hasil gambar untuk information security analyst

Information security analyst bertugas untuk mengembangkan sistem keamanan untuk menjaga jaringan dan sistem perusahaan. Pekerjaan ini memberikan banyak kesempatan, karena teknologi yang berkembang akan memicu cyber crime juga berkembang. Pekerjaan ini menuntut untuk selalu up to date dengan metode-metode serangan cyber dan mengembangkan metode lain untuk memerangi hal tersebut. gaji global yang diterima sebesar 86.170 Dollar per tahun

IT Support

Hasil gambar untuk it support

Bertugas untuk memberikan bantuan teknis IT bagi perusahaan. IT support juga bersifat fleksibel, karena bekerja pada bidang yang cukup umum di bidang IT. Pekerjaan ini menuntut waktu untuk selalu siap sedia kapan pun perusahaan membutuhkan pertolongan. Cocok untuk Anda yang pintar memenejemen waktu baik untuk keperluan pribadi maupun perusahaan. Rata-rata gaji global yang diterima adalah sebesar 48.900 Dollar per tahun.

System Manager

Bertugas sebagai perencana, koordinator, dan mengarahkan jenis teknologi yang apa yang bisa digunakan, yang sesuai dengan aktivitas perusahaan. Posisi menejer termasuk posisi atas yang memungkinkan anda untuk mengatur perusahaan secara menyeluruh. Layaknya semua posisi menejer, jabatan level atas biasanya akan memakan waktu lebih banyak, menuntut Anda untuk lembur misalnya. Namun gaji yang diterima juga sesuai dengan kerja keras, yatu sebesar 120.950 Dollar per tahun.

Sumber :

https://ardibay89.wordpress.com/server-dan-multi-user/pengertian-multiuser/

https://tiasafitri657.blogspot.com/2015/08/profesi-di-bidang-it-information.html

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started